| Kamis, 21 Maret 2013
Sejarah Anjing Papillon
Diyakini asal mula anjing Papillon berasal dari Perancis. Papillon dipercaya sebagai salah satu keturunan trah anjing toy yang tertua dari Eropa kontinental dan merupakan trah favorit di mahkamah Perancis.
Sejarah Anjing Shih Tzu
Anjing Shih Tzy sering disebut sebagai anjing singa atau Lion Dogs. Dalam bahasa Cina Shih Tzus berarti "Singa". Pada beratus-ratus tahun yang lalu, teradapat banyak anjing-anjing Asiatic yang di ternakan berparas serupa dengan singa kecil.
Sejarah Anjing American Cocker Spaniel
American Cocker Spaniel adalah anjing pemburu yang berasal dari daratan Inggris. Anjing ini dibawa keluar dari Inggris untuk pertama kalinya ke Kanada, kemudian ke Spanyol dan Amerika Serikat di akhir tahun 1800-an.
Sejarah Pembiakan Golden Retriever
Konon, orang pertama yang menemukan ras golden retriever adalah Lord Tweedmouth yang tinggal bersama keluarganya di Brook House, Park Lane London. Sebagai penggemar olah raga berburu, Lord Tweedmouth mendambakan seekor anjing pendamping yang akan menemaninya ketika sedang berburu.
Leluhur anjing dan sejarahnya
Penelitian sistematika molekuler menunjukkan anjing (Canis lupus familiaris) merupakan keturunan dari satu atau lebih populasi serigala liar (Canis lupus). Seperti bisa dilihat dari tata nama (nomenklatur) untuk anjing, leluhur anjing adalah serigala. Anjing juga bisa kawin silang dengan serigala.
Mastiff, Anjing Bersejarah
Banyak ditemukannya jejak peninggalan-peninggalan purbakala tentang Mastiff, membuat anjing ini termasuk hewan yang memiliki sejarah terpanjang. Kisahnya banyak ditemukan dalam berbagai lukisan yang berumur sekitar lima ribu tahun.
Asal-usul
Bukti baru mengungkapkan anjing pertama kali mulai dipelihara di Asia Timur, kemungkinan di Tiongkok. Manusia pertama yang menginjakkan kaki di Amerika Utara membawa serta anjing dari Asia. Penelitian genetika telah berhasil mengidentifikasi 14 ras anjing kuno.
Hubungan dengan manusia
Anjing merupakan hewan sosial sama seperti halnya manusia. Kedekatan pola perilaku anjing dengan manusia menjadikan anjing bisa dilatih, diajak bermain, tinggal bersama manusia, dan diajak bersosialiasi dengan manusia dan anjing yang lain.
Sejarah Anjing Dalmation
Dalmatian merupakan nama dari jenis anjing yang dikenal dari warna kulit dasar putih dengan spot hitam dibadannya. Variasi warna coklat juga kadang ditemukan walaupun jauh lebih jarang. Nama Dalmatian berasal dari Propinsi Dalmatia dari negara Kroasia, yang diperkirakan sebagai asal dari jenis ini.
Sejarah Anjing Rottweiler
Nenek moyang Rottweiler kita sekarang, konon dapat ditemukan di masa jaman Romawi. Orang-orang Romawi mengunakan anjing untuk mengembala ternak dan pekerjaan lainnya. Anjing-anjing ini membantu melindungi manusia dan hewan ternak mereka. Dalam perjalanan di abad ke 19, anjing-anjing Romawi ini disilangkan dengan beberapa jenis anjing pengembala daerah tersebut. 
 
Sejarah Anjing Pit Bull
Pit Bull yang terkenal sebagai anjing kuat dan cerdas, asal-usulnya diyakini dari zaman purbakala melalui keluarga anjing Molossian. Nama Molossian berasalah dari suku Molossi, suatu kelompok orang di negeri Yunani kuno yang suka menggunakan anjing tegap dan berotot dalam peperangan. Anjing Molossi terkenal karena keganasan dan kemampuannya menakut-nakuti musuh-musuh suku Molosi.
Asal mula Siberian Husky
Meskipun mirip serigala, namun Siberian Husky adalah anjing yang ramah dan tidak ganas, bahkan sangat manja terhadap manusia. Ras Siberian Husky memang mirip serigala dan diperkirakan terjadi karena hasil persilangan alam. Konon ras ini dikembangkan oleh masyarakat Chukchi di daerah Asia timur laut sebagai anjing penarik kereta untuk membawa beban.
Sejarah Kintamani
Kintamani merupakan jenis anjing trah asli dari Indonesia. Anjing Kintamani banyak ditemukan di daerah pegunungan Kintamani, pulau Bali. Diperkirakan, Kintamani adalah anjing hasil persilangan antara Samoyed dan Malamute putih. Ada juga yang mengatakan bahwa Kintamani lahir dari perkawinan antara anjing "kampung" Bali
Nenek moyang serigala
Walaupun semua serigala termasuk dalam spesies Canis lupus, di seluruh dunia terdapat (atau pernah ada) berbagai subspesies serigala yang berbeda penampilan, ciri fisik, dan struktur sosial. Serigala Jepang yang sudah punah dan Canis lupus lycaon asal Amerika Utara memiliki warna bulu, teknik berburu, dan struktur sosial yang berbeda. 
 
Grooming Sendiri Anjing Papillon
Saat meng-grooming Papillon, pastikan ia dalam keadan relax sehingga tenang selama dalam perawatan. Meskipun memiliki bulu yang banyak dan megar, peralatan yang dibutuhkan dalam mengrooming Papillon lebih sedikit di banding anjing trah lain.
Terapi Aroma Untuk Anjing
Terapi aroma yang sering digunakan oleh manusia, ternyata juga bisa untuk anjing kesayangan Anda. Essential oils bisa untuk menenangkan anjing yang ketakutan, agitated dan hiperaktif.
Jaga Berat Badan Anjing Anda!
Sama halnya pada manusia, Anjing yang kegemukan bisa membawa resiko kesehatan yang serius. Jadi jangan merasa bahwa anjing yang gemuk itu lebih lucu. Anjing yang kegemukan menyimpan lemak melimpah yang akan mempersempit pembuluh darah dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit mematikan.
Grooming Pada Anjing Tua
Grooming pada anjing tua tetap penting dilakukan untuk menjaga kesehatannya. Namun, sayangnya mereka tidak mampu lagi untuk melakukannya sendiri sehingga perlu bantuan pemiliknya. Tips grooming pasa anjing tua
Atasi Masalah Organ, Penyebab Bau Napas
Selain masalah mulut, bau nafas tak sedap pada anjing juga dapat disebabkan karena adanya penyakit lain yang bukan berasal dari mulut tetapi berasal dari organ tubuh yang bermasalah seperti infeksi tenggorokan, kanker kerongkongan, sinusitis, infeksi paru
Menghadapi Anjing yang Interaktif
Anjing aktif memang terlihat pintar dan menggemaskan, sehingga menjadi dambaan setiap pemilik anjing untuk memilikinya. Namun akan masalah yang berbeda jika anjing terlalu aktif bahkan cenderung hiperaktif. Karena anjing hiperaktif akan membuat kekacauan. Nah, jika anjing Anda termasuk yang hiperaktif hadapi dengan ini
Mengurangi Kerontokan Bulu Anjing
Pada umumnya semua anjing pasti akan mengalami kerontokan bulu dan hal itu tidak dapat dihentikan. Namun kita dapat membantu mengurangi jumlah bulu yang rontok.
Cokelat Bisa Meracuni Anjing
Tahukah Anda bahwa cokelat bisa menjadi racun bagi anjing kesayangan Anda, bahkan bisa membunuhnya. Ini penyebabnya
Do and Don’t  Pada  Anjing
Anjing boleh diberi garam pada makanannya, namun jangan terlalu banyak. Beri garam lebih banyak pada anjing menyusui, agar selalu merasa haus sehingga akan minum lebih banyak. Hal ini untuk memperbanyak produksi air susunya.
Membangkitkan nafsu makan anjing
Jika menurunnya nafsu makan anjing kesayangan Anda bukan karena danya gangguan kesehatan, bangkitkan kembali selera makannya dengan beberapa trik berikut ini.
 
Agar Anjing Tidak Bersifat Agresif
Sebenarnya tidak ada anjing yang lahir agresif. Sifat agresif tumbuh karena penanganan dan pelatihan. Namun, anjing yang tumbuh terlalu agresif bisa membahayakan. Anjing bisa menjadi sulit dikontrol.
Menghentikan Ajing Mengonggong
Sebagai binatang peliharaan, anjing bisa memiliki kedekatan khusus terhadap pemiliknya. Hingga terkadang sang pemilik bisa memahami bahasa anjing peliharaannya ketika menggonggong.
Tips Aman mengikat anjing
Selain menyiapkan kandang, memelihara anjing di rumah juga perlu menyediakan alat pengikat anjing. Karena tidak seharian anjing akan betah berada dalam kandangnya meskipun senyaman apapun kandangnya. Anjing butuh bergerak dan jalan-jalan. Tali akan membuatnya tidak pergi terlalu jauh.
Tips Memelihara Anjing Great Danes
Memelihar anjing raksasa ini, tidak sesulit yang dibayangkan. Meski ukurannya besar, Great Danes tidak memerlukan tempat pemeliharaan yang sangat besar. Karena anjing ini tidak membutuhkan olahraga. Jika olahraga terlalu berlebihan, akan menyebabkan kaki-kakinya rusak. Ini tips memeliharan anjing Great Danes
Anjing Hiperaktif
Anjing hiperaktif bisa membahayakan, karena biasanya sulit untuk dikontrol. Penyebabnya beragam, tidak hanya faktor fisik yang bertanggung jawab atas kondisi hiperaktif pada anjing, faktor emosional juga memberikan berkontribusi. Diantaranya karena anjing mudah bosan dan kurang punya tempat untuk melampiaskan rasa bosannya.
Merawat Anjing Poodle
Bulu Poodle harus disisir setiap hari bila tidak akan menggumpal karena bulunya tumbuh dengan cepat serta berguna untuk mengangkat bulu yang kurang sehat
Mengurangi Kerontokan Bulu Anjing
Hampir semua jenis anjing pasti akan mengalami kerontokan bulu, baik anjing kecil maupun yang sudah dewasa. Anda tidak dapat menghentikan kerontokkan bulu anjing, namun Anda dapat membantu mengurangi jumlah bulu yang rontok
Merawat Bulu Anjing Shih Tzu
Bulu anjing Shih Tzu yang panjang dan lembut harus mendapat perawatan ekstra agar tetap lembut dan terlihat mengkilau. Ini triknya:
Memandikan anjing
Agar anjing selalu tampil sehat, cantik dan wangi, tentunya Anda harus rajin memandikannya. Jangan terlalu sering, cukup satu kali dalam seminggu. Namun, memandikan anjing juga harus dengan cara yang benar, agar benar-benar efektif dan bersih. Ikut langkah-langkahnya berikut ini
Membersihkan telinga anjing
Membersihkan telinga anjing secara teratur merupakan bagian penting dalam perawatan anjing. Karena jika tidak dibersihkan secara rutin, kotoran telinga akan menumpuk dan menyimpan bakteri sehingga dapat menghambat aliran udara. 
 
Tip Merawat Anak Anjing
Agar anak anjing tumbuh sehat, perlu makanan yang cukup nutrisi, salah satunya cukup menyusu dari induknya. Selain itu, Anda perlu tahu tentang beberapa hal ini
Jenis Sisir Bulu Anjing
Ada berbagai jenis sisir untuk bulu anjing. Masing-masing jenis memiliki kegunaan yang berbeda. Apa saja? Berikut diantaranya
Fakta Menarik Tentang Anjing
Sebagai binatang peliharaan, anjing memiliki keistimewaan tersendiri bagi setiap pemiliknya. Sifatnya yang setia dan bersahabat, membuat banyak orang tak hanya memilihnya sebagai hewan kesayangan namun juga sahabat setia. Jika Anda salah satunya, Anda perlu tahu beberapa fakta menarik tentang anjing berikut ini
Grooming Pada Anjing
Grooming atau perawatan anjing yang dilakukan secara rutin akan membuat kebersihan kulit dan bulu anjing terjaga dengan benar. Grooming akan mengeliminasi kotoran, bakteri, sel kulit mati, mengurangi bau badan anjing serta menghilangkan gimbal yang dapat memicu terjadinya infeksi kulit.
Menggunting kuku anjing
Kuku merupakan bagian penting dari anjing yang juga harus mendapat perhatian dan perawatan. Kuku yang terlalu panjang tidak akan membantu anjing karena dapat mengganggu dan melukainya. Saat Anda mulai mendengar suara kuku anjing menggarung-garuk lantai kala berjalan
Merawat Anjing Paska Melahirkan
Setelah anjing selesai melahirkan, ada beberapa perawatan khusus yang perlu Anda perhatikan pada induk anjing. Agar kesehatannya kembali pulih dan dapat menyusui anak-anaknya dengan optimal.
Memulihkan Nafsu Makan Anjing
Turunnya nafsu makan anjing bisa disebabkan oleh berbagai hal. Diantaranya:
Peliharan anjing jantan atau betina?
Bingung mau pilih pelihara anjing jantang atau betina? Masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya dan semua juga tergantung tujuan Anda memelihara anjing. Jika Anda ingin menempatkan anjing di dalam rumah, pilihlah anjing betina. Sedangkan jika ingin digunakan sebagai anjing penjaga, maka pilihlah anjing jantan.
Merawat Anjing Hamil
Anjing akan mengalami kehamilan dan kelahiran rata-rata 57-63 hari. Selama masa kehamilan, Anda perlu memberikan perawatan khusus, agar anjing dan janinnya lahir dengan sehat. Berikan perhatian pada beberapa hal berikut ini selama anjing menjalani kehamilan
Membawa Anjing Baru Pulang Ke Rumah
Anjing yang diinginkan sudah dibeli, saatnya membawanya pulang ke rumah. Jadikan hari pertamanya di rumah baru menjadi saat yang menyenangkan dan sehat. Pastikan Anda telah menyiapkan berbagai kebutuhannya.
Jangan Terlalu Sering Memandikan Anjing
Banyak yang mengira jika anjing sering dimandikan akan terhindar dari penyakit kulit dan bau. Namun ternyata jika anjing sering dimandikan, badannya malah mengeluarkan bau lebih cepat atau menjadi mudah bau, dan terserang penyakit kulit.
Perhatikan BAB dan BAK anjing kecil
Perhatikan volume dan jenis kotoran anjing kecil Anda, karena bisa menggambar kondisi kesehatan dan pola makannya apakah sudah benar atau belum. Jika seekor anjing makannya banyak, maka buang air besarnya pun juga banyak. Dengan melihat model kotoran (feses) anjing, kita bisa memastikan baik tidaknya kesehatan anjing kecil tersebut.
Merawat Anak Anjing yang Baru Lahir
Berbeda dengan anjing liar, anjing ras memerlukan bantuan saat melahirkan, terutama yang baru pertama kali melahirkan. Mereka terbiasa hidup tergantung pada manusia sehingga insting alamnya berkurang bahkan bisa hilang. Anjing menjadi tidak tahu harus melakukan apa setelah anaknya lahir. 
 

Tumbuh Kembang Anak Anjing
Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa anak anjing tak juga membuka matanya, masih terus tertutup padahal sudah berumur satu minggu. Anak anjing berbeda dengan anak kuda atau sapi yang dalam jarak kurang dari 1 jam sudah dapat berdiri, berlari dan berjalan.
Tahapan Proses Anjing Melahirkan
Ada tiga tahap dalam proses anjing melahirkan. Kenali tahapannya, sebagai bekal Anda saat membantu anjing kesayangan Anda melahirkan
Tips Membuat Tempat Anjing Melahirkan
Setelah masuk masa-masa persalinan anjing, mulailah menyiapkan tempat untuk anjing melahirkan. Siapkan whelping box atau kotak tempat induk anjing melahirkan dan mengasuh anak-anaknya. Ini tips membuatnya
Panduan Membantu Anjing Melahirkan
Saat anjing sudah memasuki masa-masa melahirkan, mulailah Anda menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhan selama proses melahirkan. Ini akan sangat membantu jika hari H-nya nanti tiba. Beberapa tips berikut ini bisa digunakan sebagai panduan saat Anda membantu anjing kesayangan melahirkan
Mengenal Tanda Anjing Mau Melahirkan
Masa kehamilan anjing adalah skeitar 56 hari. Biasanya tanda anjing akan melahirkan terjadi dalam rentang waktu usia kehailan ke 56-69 hari. Tanda anjing akan melahirkan tidak jauh berbeda dengan jenis hewan lainnya. Berikut diantaranya
Tingkah laku anjing birahi
Saat birahi, anjing akan bertingkah laku tidak seperti biasanya. Apa saja tingkah lakunya? Anda bisa cek beberapa diantaranya di bawah ini
Waktu tepat mengawinkan anjing
Perkawinan anjing dapat dilakukan saat anjing mencapai kematangan secara seksual. Hal ini biasanya terjadi sekitar 6-7 bulan. Namun dalam beberapa kasus bisa terjadi pada saat usia 4 bulan atau setelah usia 2 tahun.
Tanda-tanda Anjing Hamil
Kehamilan pada anjing sedikit sulit untuk dideteksi. Namun ada beberapa sinyal yang bisa Anda perhatikan jika anjing sedang hamil, meski cara yang paling jitu tentunya memeriksakannya langsung ke dokter hewan. Masa kehamilan pada anjing biasanya sekitar 2 bulan dihitung setelah hari pemacakan, pada awal kehamilan biasanya tanda kehamilan secara fisik belum terlalu kelihatan, tapi biasanya sudah mulai terlihat perubahan perilakunya.Sampai disini dulu sob cerita anjingnya semoga berguna ya.......

0 komentar:

Posting Komentar

Prev
▲Top▲